Monday, November 23, 2009

TEH Indonesia ga laku?



Beberapa waktu yang lalu, mampir ke salah satu gerai fast food makanan Itali di salah satu mal di Gading. Entah emang bener pecinta TEH, tapi di sini pun swami memesan secangkir TEH. Kalau aku siy, sudah pasti tidak pernah mau pesan TEH, paling juga jus atau lebih hemat lagi kalau bawa air mineral sendiri.

Ketika pesanan diantar, tiba-tiba rasa nasionalisme-ku terusik. Ku baca dengan seksama bungkus teh itu, dan ternyata itu buatan negeri tetangga yang tukang recok itu. Mungkin kita selama ini tidak pernah peduli, karena terlalu sibuk dengan makanan utama lainnya, seperti yang kualami selama ini. Atau mungkin hari itu aku sedang kesambet roh para pahlawan negeri, sehingga merasa perlu menulis soal ini.


Sambil masih geleng-geleng kepala, bungkus teh itu menjadi salah satu topik sore itu. Tepatnya siy swami mendengarkanku ngomel-ngomel panjang lebar dengan mimik wajahnya yang mesem-mesem hampir tak peduli. Dan itu membuatku semakin kesal saja. Emang siy dia bener, abis mo diapain lagi katanya. Huh!!!
Aku benar-benar tak habis pikir, masak siy untuk TEH aja kudu impor???? Padahal Indonesia juga produsen teh 'kan? Atau udah engga lagi? Sejak kapan? Rasanya terakhir lewat puncak aku masih lihat tuh kebun teh terhampar luas? Atau ini murni masalah bisnis? Lalu di mana peran pemerintah?

Jika bicara tentang bisnis semata, pastinya mereka bisa saja berkelit bilang ini teh kualitas bagus harga murah, kata lainnya mengatakan teh Indonesia jelek dan mahal. Atau mungkin pengusaha teh Indonesia kalah tender? Tapi bukankah pemerintah bisa berperan serta? Dengan mewajibkan mereka menyediakan TEH INDONESIA? Atau jangan-jangan jika ini dilakukan pemerintah, maka bisa-bisa dibilang pemerintah itu picik dan mau melakukan monopoli?

Ribet ya? Tapi bener deh, pengen banget ngeliat setiap elemen bangsa ini lebih menghargai produk negeri sendiri. Produk luar tentu saja tetap boleh beredar dan dipakai, toh buktinya ada kok beberapa supermarket yang begitu memanjakan customernya dengan memenuhi supermarket itu dengan dominasi produk luar. Atau pihak resto boleh menyediakan pilihan, mau teh Indonesia atau teh impor? Terlalu muluk 'kah harapan ini?

9 comments:

  1. kesimpulannya.. makan dan minumlah direstoran indonesia aka warteg or warung padang :p

    ReplyDelete
  2. Wah kalau aku emang penggemar minuman teh kupi hehehe kapan kapan kita ngupi yang enak yuk

    ReplyDelete
  3. @om gajah: iya, mulai dari sendiri deh

    @devy: bener juga *jadi kangen ama masakan padang*

    @mba ajeng: kapan mba? GJ masih ada kupon disc tuh hehehe

    ReplyDelete
  4. @mas AHU: sempatnya kapan? Rame2 nge-teh sambil makan pisang goreng, kayaknya seru tuh :D

    ReplyDelete
  5. (doh) Mbak Ninik emang Nasionalist :)

    Saya ada kenalan yang jual jamu dan teh kualitas ekspor di TDA. Namanya Oma Aning (mahkitadewa dot com). Beliau pernah dapat deal yang besar dari negara sebelah. Dalam kesepakatannya udah disebutkan bahwa nanti Teh ini akan mereka expor kembali ke Indonesia dengan nama yg lain. Artinya, Indonesia akan dapat import teh dalam kemasan.

    So, seharusnya kita berbangga hati bahwa sebenarnya Teh itu berasal dari Indonesia dan "mereka" impor dari sono :)

    Dalam ilmu bisnis, bukankah kesempatan jual akan menjadikan barang kita lebih dikenal? Hiks hiks... sok ngajarin orang yang justru dari dulu sudah menjadi enterpreneur.. hehehe

    Saia juga doyan Teh... Kata Istriku, "Maniak Teh". Berbagai macam teh pengen dicicipi.. Teh Indonesia, Teh Tarik, Thailand Tea, dll.. Teh, emang tiada duanya... hahahaha

    Teh... nikmat diseduh, sedap disruput... Teh, bukan Teteh Ninik :)

    ReplyDelete
  6. Ralat: Mahkotadewa dot com.. bukan mahkitadewa :(

    ReplyDelete
  7. xixixi ... iya pastinya bukan teteh ninik, orang medan kok dipanggil teteh ya ga pas hahaha

    bukan nasionalis mas irfan, tapi mencoba melihat ke dalam, itu kan cuma pemicu, jadi poin nya siy biar diri sendiri lebih inget aja gitu lho ...*ngeles dot com*

    ReplyDelete